• Jelajahi

    Copyright © JBN NEWS | BERITA JAWA TIMUR TERKINI HARI INI
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Lolos Perempat Final, Bonus Jalan-jalan Ajang Bergengsi Nucleon Physics Olympiad 2019

    JBN NEWS  PONOROGO
    Selasa, 08 Oktober 2019, 12:29 WIB Last Updated 2019-10-08T05:29:46Z
      Lolos Perempat Final, Bonus Jalan-jalan Ajang Bergengsi Nucleon Physics Olympiad 2019

    KABAR PONOROGO ■ Berhasil mewakili rayon Ponorogo dan maju ke babak perempat final, merupakan salah satu prestasi yang luar biasa. Dwi Wahyu Zakhinatul M (kelas VIII) dan Eka Aprilia Nur Cahyani (kelas IX). Ananda merupakan siswi terbaik dari MTs Ma’arif NU Tanjungsari Jenangan yang berhasil mengharumkan nama madrasah ke tingkat nasional.

    Dalam kompetisi Nucleon Physics Olympiad 2019 mereka menunjukkan bakat mereka dalam ilmu eksak. Kompetisi ini diselenggarakan oleh Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang di 31 rayon seluruh Indonesia.

    “Motivasi awal mengikuti lomba ini sekedar mencoba, tidak pernah menduga jika berhasil mewakili rayon Ponorogo ke babak perempat final,” ungkap Dwi dan Eka yang ditemui disela kegiatan lomba, hari ini. (08/10).


    Awalnya, mereka mengikuti babak penyisihan yang diselenggarakan pada minggu (22/09/2019) di MAN 2 Ponorogo. Pengumuman bagi siswa yang lolos ke babak perempat final baru disampaikan pada (30/09/2019) secara online. Menduduki urutan pertama untuk rayon Ponorogo merupakan salah satu tiket emas bagi mereka untuk maju ke babak perempat final yang bertempat di UM (Universitas Negeri Malang).

    “Suatu kebanggaan bagi madrasah dan apresiasi tertinggi untuk ananda Dwi dan Eka yang telah berhasil lolos ke babak perempat final. Semangat dan terus berusaha, kalian luar bisa,” tutur Debi Widodo Kamad (kepala madrasah) MTs. Ma’arif NU Tanjungsari Jenangan yang ditemui di sela waktunya mendampingi siswa terbaiknya ke babak perempat final di Universitas Negeri Malang.

    Tepat pukul 07.00 WIB rombongan dari MTs Ma’arif  memasuki area parkir UM. Suasana begitu berbeda, tampak riuh dan hilir mudik kendaraan memadati area parkir.

    Para peserta dari berbagai kota bersama bapak/ibu guru pendamping mulai memasuki ruang registrasi. Raut muka para peserta tampak tegang, bahkan tak jarang dari mereka sibuk membaca buku terkait materi lomba. Ada juga yang sibuk bersua foto di depan stand selfie yang telah disiapkan panitia.

    Kegiatan lompa berlangsung dengan kondusif dan tertib. Sambutan hangat diberikan oleh segenap panitia lomba. Kegiatan diawali dengan pengarahan terkait teknis lomba di aula fakultas MIPA. Untuk selanjutnya para peserta memasuki ruangan lomba sesuai nomor urut yang telah ditentukan.

    “Menjadi satu-satunya sekolah yang mewakili rayon Ponorogo dalam ajang bergengsi seperti ini suatu pencapaian yang luar biasa,” tutur Devi, Waka kurikulum MTs Ma’arif NU Tanjungsari yang turut serta membersamai siswa terbaiknya.


    Setelah kegiatan kompetisi usai, para peserta diberi trik-trik jitu mengerjakan soal olimpiade yang tepat dan akurat dari salah satu dosen fakultas MIPA.

    Para peserta begitu antusias menyimak pemaparan dari beliau. Canda tawa sempat terselip disela keseriusan mereka.

    “Siswa belum mampu menyelesaikan soal olimpiade fisika dengan jawaban yang benar bukan karena siswa tersebut tidak pandai, tetapi mereka salah dikonsep awal pengerjaan,” salah satu pernyataan singkat dari pemateri.

    Tepat pukul 12.00 WIB pengumuman terkait hasil lomba disampaikan oleh panitia. Tahun ini siswa perwakilan dari MTs Ma’arif NU Tanjungsari belum berhasil memasuki urutan sepuluh besar. Itu artinya mereka akan berjuang tahun depan. Namun, apresiasi diberikan oleh sekolah dengan mengajak mereka berjalan-jalan di seputar Taman Selecta Malang. Berbagai bakat yang dimiliki para siswa sangatlah dihargai di sekolah ini.

    (SEGENAP TIM PUBLIKASI MTs. MA’ARIF NU TANJUNGSARI JENANGAN PONOROGO).


    Komentar

    Tampilkan

    Berita Terbaru

    Loading...
    Loading...

    BERITA JATIM

    +